ASESMEN SEBELUM ANAK DIBERIKAN TERAPI

Sebelum anak diberikan terapi, psikolog akan melakukan asesmen terlebih dahulu untuk mengumpulkan informasi dan melihat kemampuan anak dalam hal :
1. Atensi terhadap tugas
2. Interaksi sosial
3. Motorik kasar
4. Motorik halus
5. Visuo spatial
6. Cognitive conceptual
7. Bahasa dan Bicara
8. Kemandirian

Psikolog juga akan menegakan diagnosa, sehingga intervensi yang diberikan tepat. Setelah informasi terkumpul barulah program dapat disusun.

Kurikulum dibuat sedetail mungkin agar pelatihan yang diberikan dapat diserap maksimal, dan jangan lupa GENERALISASIKAN selalu skill yang sudah dikuasai anak.

Tekhnik pemberian terapi dimulai dengan DTT, mengajarkan kemampuan-kemampuan sederhana sampai anak mahir, lalu secara bertahap beberapa kemampuan sederhana tersebut digabungkan sehingga menjadi kemampuan yang lebih kompleks

Setiap kali anak mahir, latihkan dengan situasi natural (NET/Natural Environment Teaching)
VB akan lebih maksimal hasilnya jika anak sudah memiliki kemampuan imitasi dan sudah dapat memproduksi suara. Bantu dengan media visual.

Ajarkan VB menggunakan tekhnik DTT, karena tidak mudah bagi anak untuk bisa langsung mengucapkan kata dengan artikulasi sempurna. Pahami dan sadari kemampuan anak, jangan terlalu memaksa karena jika dipaksa suara yang keluar akan terdengar tidak natural. Atau di beberapa kasus, anak malah tantrum dan shut down (mogok bicara)

Leave a Reply

Scroll to Top