APAKAH STIMMING HARUS DIHILANGKAN?

Stimming atau yang dikenal dengan munculnya perilaku atau suara yang berulang-ulang ini seringkali terlihat pada anak penderita autisma. Walaupun sebenarnya hal ini pun bisa terjadi pada siapa saja. Stimming tidak selalu merupakan hal buruk yang perlu ditahan. Namun jika mengganggu orang lain dan mengganggu kualitas hidup maka perlulah untuk diatasi.

Lalu apakah stimming harus dihilangkan? Sebenarnya stimming hanya perlu dikontrol saja, itupun jika stimming sang anak memiliki resiko merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Selain itu jika stimming anak dibilai kurang pantas dilakukan di lingkungan. Misalnya seperti : memukul kepala, meludah, berputar-putar, dllnya.

Untuk mengontrol perilaku tersebut kita bisa menggunakan media pengalihan. Contohnya jika sang anak suka memukul-mukul kepala. Ayah dan Bunda bisa memberikan sebuah mainan alat pukul kayu untuk sang anak memainkannya atau dengan aktivitas motorik lainnya.

Namun jika perilaku stimming tidak bisa diredam. Ayah dan Bunda bisa berkonsultasi kepada ahlinya untuk mendapatkan solusi yang tepat bagi perkembangan sang anak.

Sumber: www.healthline.com

Scroll to Top